Breaking News
Loading...
Selasa, 04 Agustus 2015

Pengalaman OPAK (Orientasi Pengenalan Akademik) Jurnalistik UIN Jakarta 2014

Selasa, Agustus 04, 2015



Genap setahun sudah saya menyandang gelar sebagai seorang Mahasiswa. Iya “maha”siswa. Gelar tuhan dalam kata itu menggambarkan betapa agungnya nama tersebut. Seperti namanya, mahasiswa seharusnya mempunyai dampak yang besar bagi peradaban dunia. Menjadikaan dunia lebih baik karenanya. Agen of change merupakan kalimat yang tak asing lagi ditelinga kita dan selalu mengiringi ketika nama mahasiswa disebutkan. Adalah suatu keharusan bagi kita sebagai mahaiswa untuk selalu menjadikan diri kita sumber kebaikan bagi sesama makhluk Tuhan.
As we know bahwa Kesempatan ini tak semua bisa orang rasakan. Mengenyam pendidikan tinggi hanya sekedar mimpi di siang bolong bagi sebagian orang diluar sana. Durhaka sekali rasanya bila saya tak mensyukuri nikmat yang luar biasa ini. Melakukan yang terbaik adalah salah satu cara mensyukurinya.
Alhadulillah saya sangat merasa nyaman dengan apa yang saya sedang jalani sekarang ini yaitu berkuliah dengan jurusan Jurnalistik di salah salah satu universitas negeri di Indonesia. UIN Jakarta, ya, kampus ini telah dan akan  menjadi bagian dari perjalanan hidup saya. Banyak sekali ilmu dan pengalaman hidup yang saya dapatkan darinya. Bertemu dengan orang-orang hebat dengan sejuta mimpi didadanya dan juga bisa mendapatkan berbagai ilmu darinya. Mudah-mudahan suatu hari nanti  kita bisa mencapai titik apa yang kita semogakan. Amiin..
Kuliah dengan jurusan yang sesuai dengan passion kita itu enak ngejalaninya. Walaupun tugasnya naudzubillah tapi kalo senang ya fine-fine aja. Sama seperti kerja, kalo kita senang ngejalaninya tidak dibayarpun mungkin gapapa, apalagi dibayar gaji yang pantas, ya tambah senang. Oiya Sebenarnya ketika saya SMK dulu jurusan saya tidak ada sama sekali sangkut pautnya dengan dunia kejurnalistikan, sama sekali. Nah, untuk menuangkan hobi, saya bergabung dengan OSIS dan menjabat sebagai koordinator Kesenian dan salah satu programnya adalah pengursan MADING. Tak hanya itu saya juga masuk kedalam jajaran tim redkasi majalah sekolah yang rutin terbit dua kali dalam sebulan. Alhamdulillah Kesibukan menjadi seorang wartawan sekolah sama sekali tidak menganggu study saya, menejemen waktu benar-benar harus dilakukan.
                Bertemu banyak orang dan bisa mewawancarai orang-orang penting disekolah saya rasakan ketika menjalankan tugas sebagai seorang wartawan sekolah. Tak hanya mencar informasi terkadang saya juga terlibat dalam hal desain mendesain, pengaturan layout dan editing. Kepuasan tersendiri ketika tulisan kita bisa mendapatkan respon baik dari warga sekolah apalagi sampai menjadi sumber inspirasi bagi mereka. Karena itulah saya memantapkan diri dalam hati untuk memperjuangkan cita-cita saya untuk menjadi seorang jurnalis yang berpengeruh bagi orang banyak. Ya salah satunya dengan cara ini, yaitu berkuliah di UIN Jakarta dengan prodi jurnalistik. Setelah mengikuti serangkain test dan persiapan yang matang akhirnya saya diterima. Alhamdulillah.
Namanya juga di Indonesia, sebelum jadi mahasiswa ada serangkain tradisi yang harus dijalanai oleh para maba (mahasiswa baru) salah satunya adalah OSPEK. Tujuannya adalah untuk memperkenalakan kepada maba tentang dunia Kampus, baik itu kegiatan, program, fasilitas dan lain lain yang berhubungan dengan perkuliahan.
Ngomongin soal OSPEK, Berbeda dengan kampus lainnya, di UIN Jakarta sebutan OSPEK adalah OPAK (Orientasi Pengenalan Akademik), kedengaranya memang sedikit aneh sih, namanya seperti nama kerupuk asal jawa barat yang terbuat dari singkong yaitu, kerupuk opak, saya tertawa ketika mendengar pertama untuk kalinya. Pada angkatan saya yaitu pada tahun lalu OPAK dilaksanakan selam lima hari yaitu mulai dari tanggal 25-30 Agustus 2014 yang terdiri dari pengarahan, opak Universitas, opak Fakultas, dan demo UKM. Dan alhamdulillah selama pelaksanaan opak hal-hal buruk seperti bully dan kekerasan tidak terjadi, dan yang pasti opak ini sangat bermanfaat untuk mahasiswa baru.
Rundown acara setiap Fakultas pasti berbeda, maka dari itu saya hanya menceritakan rangkaian acara di fakultas saya saja. Dari lima hari itu 2 hari adalah pra-opak dan 3 hari berikutnya baru pelaksanaan opak yang terdiri dari opak Universitas, Fakultas dan Jurusan. Dalam acara pra opak kita diberikan materi-materi seperti materi yang disampaikan oleh lembaga resmi kampus, penjelasan seputar AIS, pengarahan TOAFL dan TOEFL, materi keislaman, kebangsaan dan ke indonesiaan serta masih banyak lagi acara lainya. Di pra opak ini kita juga bakal dibagi kedalam beberapa kelompok yang anggotanya terdiri dari berbagai jurusan pada fakultas masing-masing.
Opak pertama yaitu Opak Universitas. Pada hari ini maba wajib datang pada pukul 05:00 dan menggunakan atribut opak yang menurut saya sangat ribet. Diawali dengan upacara pembukaan yang dibuka oleh Rektor, upacara ini juga diikuti oleh ribuan mahasiswa dari 12 fakultas dan berlangsung dilapangan utama UIN Jakarta. Setelah upacara selesai kita kembali ke fakultas masing-masing dengan meneriakan yel-yel kebanggan fakultasnya. Sampai di fakultas seperti biasa, acaranya yaitu materi lagi yang diselingi dengan games dan yel-yel gitu deh.
Opak berikutnya adalah opak fakultas, masih dengan atribut yang gak penting itu kita maba mendapatkan materi seputar fakultas seperti fasilitas, program, peraturan dan lain-lain. tidak ketinggalan juga diperkenalkan kepada kita berbagai LSO (Lembaga semi otonom) yang ada di fakultas. LSO ini adalah lembaga dibawah UKM (unit kegiatan mahasiswa) jika di SMA kita menyebutnya Ekstrakuliluler, bedanya LSO ini hanya untuk fakultas saja berbeda dengan UKM yang bisa diikuti oleh seluruh mahasiswa kampus. Penaampilan LSO seperti DNK TV (TV FIDKOM), Klise (klub Fotografi), Kontras (klub Band), VOC (klub vokal), saman, RDK fm (radio FIDKOM) dan masih banyak lagi. LSO ini sangat bermanfaat bagi mahasiswa untuk bisa mengembangkan kemampuannya di luar akademis.
Tak jauh berbeda dengan opak universitas dan fakultas pada opak jurusan juga berisi materi-materi seputar jurusan yang kita pilih, bedanya pada panitia dan tempat. Panitia pada opak ini adalah panitia dari senior jurusan dan beberapa ada dari alumni, selain itu untuk tempat juga di ruangan bukan di loby dan taman seperti opak sebelumnya. Materi kejurnalistikan yang disampaikan oleh ketua jurusan (kajur) sangat menarik, disana dipaparkan berbagai seluk beluk jurnalistik mulai dari sejarah, prospek kerja dan tak lupa juga ada beberapa games yang berhubungan dengan kejurnalistikan seperti simulasi reporting, anchor, acting dan lain-lain.
Tak perlu berlama-lama lagi, inilah dokumentasi yang saya ambil ketika opak berlangsung walaupun pengambilan gambarnya kurang bagus hehehe. ini dia cekidot!

Pra-Opak Mentoring per kelompok






Sedang latihan yel-yel

Property Opak Fakultas. terlalu lebay dan berelibhan sih.. huft

Hari Pertama Opak, wajib datang pukul 05:00. masih gelap nih

Perjalanan Ke lapangan Utama untuk Opening Ceremony

suasana sebelum opening ceremony


Suasana mentoring Per Kelompok Fakultas

Kelompok 1 Cut Nyak Dien. Ganbatee!!!!

Break sholat

Simulasi Reporting DNK TV

Opak Jurusan. Jurnalistik 2014


Kajur Jurnalistik sedang menyampaikan materi



cowok Juranalistik


perkenalan per kelompok

simulasi Anchor

Puan Samisara Pohan mendapatkan peran sebagai Syahrini wkwkwk



3 kelompok terbaik
 

Narsis di Auditorium Harun Nasution

Demo UKM at Auditorium Harun Nasution


my faculty Building


Jurnalistik 2014.


Kelompok 1 fakultas


malam terakhir opak


          Nah mungkin itulah cuplikan dokumentasi OPAK 2014 Jurnalistik. Alhamdulillah sama sekali tidak ada kekerasan atau Bully, semuanya sangat menyenangkan dan berkesan dan hanya seumur hidup sekali. Opak memang bukan segalanya, tapi segalanya berawal dari OPAK.

Bagi Maba yang masih ngira kalo OSPEK itu menakutkan, Ospek itu ajang bully-membully, ospek itu ga penting, ospek itu buang-buang waktu stop berfikir seperti itu. Just do it!
Alhadulillah tahun ini saya menjadi bagian dari OPAK 2015 semoga bisa memberikan yang terbaik dan memberikan kesan bagi MABA 2015. Amiinnn...




Next
This is the most recent post.
Posting Lama

1 komentar:

  1. Halo, tak terasa sudah berlalu 6 tahun silam. dengan tidak sengaja saya menemukan blog ini dan ternyata ada nama sy di salah satu kelompok ini. Wah, memang sebuah kenangan.... terimakasih ya sudah di buatkan blognya, mengingatkan saya akan perjuangan OPAk dan sempet beberapa kali "bolos" dr OPAk. hehe

    sukses selalu.

    Best Regard. Annisa

    BalasHapus

 
Toggle Footer